Sulit Kontrol Porsi Makan Saat Diet? Coba 6 Trik Ini

Sabtu, 13 April 2019 - 14:22 WIB
Sulit Kontrol Porsi Makan Saat Diet? Coba 6 Trik Ini
Sulit Kontrol Porsi Makan Saat Diet? Coba 6 Trik Ini
A A A
JAKARTA - Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi dan untuk membuat kalori berkurang, Anda perlu melatih kontrol porsi. Ini masalahnya!

Banyak orang merasa sulit untuk mempraktikkan kontrol porsi makan yang sangat penting untuk menurunkan berat badan . Padahal, kontrol porsi juga membantu mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat dan memastikan Anda membuat pilihan makanan sehat.

Nah, jika Anda juga kesulitan mengontrol ukuran makanan yang Anda konsumsi, seperti dilansir Times Of India, ada langkah berikut yang bisa menginspirasi Anda dalam mengontrol porsi, apa saja?

1. Makan di piring dan mangkuk kecil
Dengan memiliki makanan di piring kecil, Anda dapat dengan mudah mengurangi asupan kalori harian sebesar 20 persen. Ini dapat membantu Anda menurunkan hampir 1 kg berat badan per bulan. Sementara, dengan makan di piring besar, Anda cenderung mengisinya sebanyak mungkin, yang mengarah ke makan berlebihan. Menggunakan sendok kecil juga membantu mengurangi makan.

2. Minum air sebelum makan
Ingatlah, untuk minum air sebelum makan. Cara cara ini akan membuat Anda makan lebih sedikit. Sesuai ilmu pengetahuan, ketika Anda mengalami dehidrasi, Anda cenderung makan lebih banyak makanan. Memiliki segelas besar air bahkan setengah jam sebelum makan akan membantu Anda mengontrol porsi makan.

3. Isi piring dengan sayuran lebih dulu
Jika Anda akan makan berlebihan, ada baiknya makan sayur. Jadi isi piring dengan sayuran terlebih dahulu karena sayuran memiliki kalori minimum dan kaya serat. Ini akan membantu Anda menjaga kesehatan. (Baca juga: Tak Perlu ke Salon, 5 Masker Rambut Ini Bisa Dibuat di Rumah ).

4. Makan perlahan
Salah satu trik menurunkan berat badan adalah memakan makanan secara perlahan. Jika Anda makan cepat, kemungkinan besar Anda akan kehilangan rasa lapar dan isyarat kenyang. Nikmati setiap gigitan dan nikmati makanan. Anda makan lebih banyak dan merasa kurang puas saat makan dengan tergesa-gesa. Makan lambat akan mencegah Anda makan berlebihan.

5. Gunakan mangkuk dan piring yang sama

Pilih mangkuk dan piring kecil untuk makan dan gunakan peralatan yang sama setiap hari. Jika Anda makan di piring dan mangkuk yang lebih besar dari biasanya, otak Anda akan menjadi bingung. Anda cenderung merasa tidak puas setelah makan.

6. Jangan makan dari wadah plastik

Hindari makan dalam wadah plastik dan dibawa pulang. Makanan dalam wadah yang bisa dibawa tidak mungkin tampak lebih, tetapi ketika Anda mengosongkan makanan dalam wadah kecil, Anda akan menyadari jumlah sebenarnya. Selain itu, Anda makan lebih sedikit jika Anda makan di mangkuk dibandingkan dengan makan langsung dari paket.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7232 seconds (0.1#10.140)